Cara Memperbaiki Flashdisk yang Error tidak bisa di Format

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Error tidak bisa di Format | Tentunya anda semua sudah tahu apa itu flashdiks bukan?, Ya, flashdisk merupakan sebuah alat atau media penyimpan data yang sangat praktis, selain bentuknya yang kecil, flashdisk mampu menyimpan data dengan kapasitas yang cukup besar dan fleksibel (semua format data) sehingga selalu menjadi pilihan bagi banyak orang. Namun demikian, terkadang ada beberapa kendala yang membuat flashdisk bermasalah, termasuk salah satunya adalah virus komputer sehingga anda harus menformatnya agar bersih kembali.
Menformat flashdisk tentunya bukan hal yang sulit, cukup dengan beberapa klik flashdisk akan terformat dan bersih kembali, namun cara ini hanya bisa dilakukan dengan catatan flash disk dalam keadaan baik dan belum terinveksi “virus ganas”, jika kondisi flashdisk tidak dalam kondisi diatas, maka “cara penformatan biasa” tidak bisa dilakukan. Nah “lalu bagaimana cara mengatasi flash disk yang error dan tidak bisa diformat?”, jangan khawatir, dibawah ini kami bagikan pembahasannya untuk anda.

Cara mengatasi Flashdisk Error yang tidak bisa di Format
  1. Pertama, masukkan Flashdisk ke dalam port USB yang terdapat pada laptop/CPU.
  2. Klik tombol "Windows" + R (secara bersamaan)
  3. Setelah muncul POP UP “RUN”, silahkan ketik "compmgmt.msc" (tanpa tanda petik) didalam kolom yang tersedia, lalu "ENTER".
  4. Setelah itu, maka anda akan diarahkan ke program "computer management", silahkan pilih “storege” yang berada di tengah, setelah itu pilih pula "disk management", disinilah flashdisk anda akan terdeteksi.
  5. Selanjutnya klik kanan pada flashdisk yang sudah terdeteksi tersebut kemudian pilih "create partition".
  6. Klik kanan (lagi), selanjutnya pilih "format".
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses penformatan selesai.
  8. Trata... Flashdisk anda telah kembali bersih sekarang.
Untuk kebanyakan Flashdisk, langkah tersebut biasanya sudah cukup manjur, namun ada beberapa yang masih belum bisa, hal ini disebabkan karena terdapat "write protection" di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini silahkan ikuti tutorial berikut:
  1. Pertama, tekan tombol "Window + R" berbarengan
  2. Setelah muncul "POP UP RUN", silahkan ketik perintah "regedit" (tanpa tanda petik) dikolom yang tersedia, lalu tekan enter.
  3. Kemudia akan muncul kotak dialog baru, lakukan pencarian dengan cara menekan Ctrl+F.
  4. Ketik tulisan berikut "write protected" (tanpa tanda petik) pada kotak searching, pilih Find Next dan segera hapus jika menemukan keterangan write protected. Caranya dengan melakukan klik kanan dan pilih "delete".
  5. Jika muncul dialog konfirmasi, tekan saja "Oke" untuk menyetujui.
  6. Write protected sudah terhapus, dan seharusnya flashdisk sudah kembali ke kondisi semula.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara memformat flashdisk yang tidak bisa diformat (ERROR), semoga informasi ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua, sekian terimakasih.