Cara melaporkan penipuan online | Lengkap dan Efektif

Cara melaporkan penipuan online | Berbelanja online memang sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat era modern ini, sebab selain praktis cara ini bisa menghemat waktu anda. Selain itu pula, penawaran kualitas produk dan harga pada online shop biasnya cukup menggoda sehingga menambah daya tarik bagi seseorang untuk berbelanja.

Sayangnya kejahatan dapat terjadi dimana-mana, tidak hanya saat berbelanja secara konfensional, berbelanja online juga dapat beresiko menjadi korban kejahatan, dan yang paling fenomenal adalah kasus "Penipuan". Nah untuk itu sebagai konsumen, anda dituntut untuk cerdas dalam memilih mitra berbelanja online.
Cara melaporkan penipuan online | Lengkap dan Efektif
Namun jika sudah terlanjur terjadi kasus kejahatan (penipuan) tersebut bagaimana?, nah untuk menjawab pertanyaan ini berikut kami bagikan informasi tentang "Cara melaporkan penipuan online | Lengkap dan Efektif", so simak baik-baik ya:

Cara melaporkan penipuan online | Lengkap dan Efektif

1. Kirim Email ke POLRI
Cara melaporkan penipuan online pertama yang dapat anda lakukan dengan mudah adalah dengan cara melaporkan kasus tersebut ke POLRI melalui email. Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) mempunyai TIM cyber khusus (Cybercrim) yang dapat membantu penyidikan kasus penipuan online anda.

Caranya dapat anda lakukan sebagai berikut:
  1. Siapkan email (jika belum punya silahkan baca dulu postingan kami tentang "Cara Membuat Email")
  2. Siapkan data data tentang kasus, seperti bukti transfer, bukti pesan/ chat serta data tentang pelaku yang anda miliki seperti no telepon, pin BB, akun media sosial atau foto (jika memang ada). Jadikan semua data dalam bentuk soft file (file digital) berukuran kecil untuk nantinya dikirim melalui email
  3. Tulis email dengan judul "LAPORAN KASUS PENIPUAN ONLINE SHOP XXXXX" (judul bisa disesuaikan, ini hanya contoh)
  4. Tulis latar belakang kejadian kasus secara rinci namun ringkas.
  5. Lampirkan semua data yang telah anda persiapkan.
  6. Lampirkan juga data diri tentang anda (lebih baik dalam bentuk scan KTP/ SIM)
  7. Kirim email ke Cybercrim.polri.go.id dan tunggu hingga ada notice selanjutnya. (biasanya akan ada balasan berisi prosedur selanjutnya yang harus anda jalani).
  8. Jangan lupa berdoa, semoga kasus anda cepat diatasi sebagaimana mestinya.
2. Lapor Langsung kekantor Polisi terdekat
Ini merupakan pilihan yang direkomendasikan, jika anda mengalami kasus penipuan online alangkah baiknya langsung melaporkan kasus tersebut ke kantor polisi terdekat. Berikut ini adalah cara melaporkan kasus anda langsung kekantor polisi:
  1. Datang lansung ke kantor polisian bagian administrasi, lalu katakan bahwa anda akan membuat laporan kasus penipuan.
  2. Anda akan disuruh menceritakan perihal awal mula (kronologi) kasus penipuan yang anda alami. Biasanya kepolisian juga meminta bukti seperti bukti transaksi, pesan (SMS/ chat dsb) sampaikan saja semua data yang anda punya (No Telp pelaku, pin BB, akun FB atau semacamnya)
  3. Selanjutnya polisi akan membuat laporan yang ber isi identitas pelapor dan terlapor, uraian singkat kejadian dan pasal yang dikenakan.
  4. Kemudan anda akan menerima Surat STPL (Surat Tanda Penerimaan Laporan) sebagai bukti anda telah melaporkan tindak pidana yang anda alami.
  5. Anda tinggal menunggu perkembangan kasus yang sedang ditangani ini. Beberapa waktu kemudian anda akan mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).
  6. Jika pelaku sudah tertangkap, anda akan diperiksa dalam penyidikan sebagai korban. Jangan takut, ikuti saja prosedur yang ada, ceritakan juga semua kejadian yang anda alami tanpa ada penambahan atau pengurangan.
Nah demikianlah postingan kali ini tentang "Cara melaporkan penipuan online | Lengkap dan Efektif", oh ya masalah "Apakah uang anda akan kembali atau tidak?" itu tidak dapat dipastikan. Cukup berdoa saja, jika memang rezeky anda apapun kejadiannya pasti akan kembali lagi. Semoga postinagn ini bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.