Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar | Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang biasanya membahas suatu permasalahan yang menjadi pokok utamanya. Membuat makalah dapat dikatakan sebagai sebuah tugas yang cukup menyusahkan, apalagi bagi mahasiswa/i perguruan tinggi. Hal itu disebebkan karena pada masa ini penyusunan makalah harus dengan baik dan juga benar. 
Pada prinsipnya, makalah ini adalah suatu bentuk terkecil dari penulisan sebuah karya ilmiah, meski demikian, dalam penyelesainnya harus tetap menganalisa dan juga memperhatikan segala elemen penyusun karya ilmiah.
Minimal ada 8 elemen yang mesti ada didalam sebuah makalah, yaitu:
1. Cover 
2. Judul atau pokok pembahasan makalah 
3. Kata Pengantar 
4. Daftar Isi 
5. Bab I Pendahuluan 
6. Bab II Pembahasan 
7. Bab III Penutup 
8. Daftar Pustaka 
Setelah kita mengetahui beberapa elemen tersebut, marilah kita uraikan lagi elemen-elemen tersebut diatas : 

1. Cover 
Cover makalah adalah sampul depan yang berfungsi sebagai initialatau pengenal tentang apa pokok pembahasan dan juga sang penyusun makalah tersbut. Berikut isi cover yang baik :
  1. Nama ataupun Judul Makalah
  2. Tujuan dibuatnya makalah
  3. Logo dari Lembaga atau Institusi
  4. Nama penyusun pemakalah tersebut
  5. Nama Lembaga
  6. Tahun Pelajaran/ Akademik. 
2. Judul Makalah 
Pada bagian lembar ini, penulisan judul makalah hanyalah disertai oleh nama penulis/ pemakalah
3. Kata Pengantar 
Kata pengantar berisi tentan prakata penulis atau pemakalah untuk menyuguhkan karya tulis tersebut kehadapan pembaca. Berikut beberapa isi dari kata pengantar :
  1. Salam pembuka
  2. Mukadimmah atau pembuka
  3. Sekilas proses pembuatan makalah
  4. Ucapan terima kasih
  5. Penutup mukadimmah
  6. Dan yang terakhir Salam penutup
  7. Dan terakhir dengan nama penyusun makalah 
4. Daftar Isi 
Elemen ini bertujuan untuk memudahkan para pembaca untuk materi yang ada dalam makalah tersebut
5. Bab I Pendahuluan 
Pada elemen yang satu ini, kita mulai menjalani tahap bab makalah. Karena pada bab ini kita menjelaskan tentang konsep, gagasan, rencana, seputar permasalahan dan juga tujuan makalah. Yang termut dalam elemen ini adlah latar belakang serta rumusan masalah.
6. Bab II Pembahasan 
Pada bab ini isi atau pembahasan mulai diuraikan. Dan pembahasan mengikuti apa dari okok pembahasan.
7. Bab III Penutup 
Pada elemen ini kita kemukakan beberapa sambutan, serta terima kasih kepada pihak yang turut membantu dalam proses penyelesaian makalah tersebut.
8. Daftar Pustaka 
Ini adalah elemen penyusun bagian akhir dalam penyusunan sebuah makalah. Pada dasarnya Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam penyusunan makalah tersebut.

Literature disini meliputi hal-hal seperti jurnal ilmiah, majalah, buku, surat kabar, media elektronik, interview serta juga bisa dari website-website internet. Akan tetapi, keberadaan atau keabsahan sebuah website internet untuk dijadikan sebagai referensi karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan para akademisi.
Jangan lupa baca juga postingan kami tentang "Contoh Makalah yang Baik dan Benar"
Demikianlah beberapa elemen penting dalam penyusunan sebuah makalah ataupun karya ilmiah. Terima kasih atas kunjungan anda. Semoga bermanfaat.