5 Cara Agar Komputer Tidak Lemot | Tips Komputer

5 Cara Agar Komputer Tidak Lemot | “bagaimana cara agar komputer tidak lemot” mungkin pertanyaan tersebut sedang terbesit dipikiran anda, jika benar maka anda berada pada artikel yang tepat, sebab pada postingan kali ini kami kan membagikan kepada anda beberapa tips dan trik untk memaksimalkan kinerja komputer anda.
5 Cara Agar Komputer Tidak Lemot
1. Maksimalkan penggunaan BIT
Mengetahui beberapa bit komputer anda merupakan langkah awal untuk memaksimalkan kinerja komputer. Sangat disarankan anda memaksimalkan penggunaan bit pada komputer, misalnya komputer anda adalah 64 bit maka sebaiknya anda menginstall sistem operasi yang mendukung pengoprasian 64 bit, begitu juga dengan softwere dan aplikasi yang akan anda install, sebaiknya adalah softwere yang sudah mendukung 64 bit, dengan demikian anda tidak menyia-nyiakan potensi komputer anda.

2. Menambah RAM
Jika memaksimalkan pengunaan bit dirasa belum cukup membantu, saran lainnya untuk memaksimalkan kinerja komputer anda adalah dengan cara menambah Random Acces Memory (RAM), RAM adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara data-data yang sedang diproses, semakin besar RAM pada komputer maka semakin baik kinerja komputer tersebut. Untuk menambah RAM silahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan para pakar komputer agar hasilnya maksimal sesuai dengan harapan.

3. Buka aplikasi yang penting saja
Tips lainnya untuk agar komputer tidak lemot adalah dengan me-running aplikasi yang dibutuhkan saja, misalnya anda sedang mengetik, sebaiknya cukup gunakan Ms. Word saja, atau paling maksimal gunakan Ms. Word dengan aplikasi pemutar musik, jangan menggunakan apliksi yang over, misalnya menggunakan Ms. Word, pemutar Musik dan aplikasi browsing. Sebab selain memakan daya listrik (batray) yang banyak, juga akan membuat RAM sesak yang akhirnya membuat kinerja komputer menjadi lamban.

4. Copot bateray (Listrik)
Walaupun RAM bersifat penyimpanan data sementara, namun terkadang ada data yang tersimpan cukup lama disana. Selain itu ada juga beberapa file cookie dan SPAM yang tersimpan di RAM saat anda melakukan browsing. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap pengoptimalan RAM, untuk itu mencopot betray (listrik) komputer merupakan pilihan yang tepat untuk membersihkan RAM agar kinerja komputer kembali maksimal.

5. Aplikasi berjalan di backround
Ada beberapa apliksi yang sengaja dibuat agar berjalan terus dikomputer (begitu komputer start softwere akan langsung bekerja), contohnya adalah anti virus dan beberapa softwere lainnya. Untuk itu rutinlah men-check TASK MANAGER anda (Task Manager -> More Details) , jika ada terlalu banyak softwere yang berjalan bisa jadi itu penyebab komputer anda lamban.

Nah demikianlah tips dan trik bagaimana membuat komputer menjadi cepat dan tidak lemot, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih.