Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer

Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer | topologi jaringan komputer adalah suatu konsep atau cara untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan yang saling terhubung. Setiap macam topologi jaringan komputer memiliki perbedaan dari segi kecepatan pengiriman data, biaya, serta kemudahan maintenance nya. Pada setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 
Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer
Nah pada postingan kali ini, kami akan memberikan beberapa macam-macam topologi komputer lengkap beserta pengertian, gambar, kelebihan dan kekurangannya. So selamat membaca:
Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Jenis Ring
Pada topologi ring, setiap komputer akan dihubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer yang pertama pertama (mode ring/ cincin), topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol setiap hak akses komputer dalam menerima data.
Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer
Contoh: komputer A akan mengirim data ke komputer D, maka data akan melewati jalur komputer A, B dan C sebelum akhirnya ke D, jadi intinya sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address komputer itu sendiri.

Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, serta penggunaan jumlah kabel LAN yang sedikit.

Kekurangan dari topologi jaringan komputer ring adalah jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error dan tidak bisa dproses.

2. Topologi Star
Topologi ini membentuk seperti bintang (star) karena semua komputer di hubungkan ke satu titik hub (switch) dengan kabel UTP, hub/switch inilah sebagai pusat control data pada semua komputer yang terhubung.
Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer
Contoh: jadi jika komputer A ingin mengirim data ke komputer D, maka data tidak perlu melewati komputer A, B dan C, melaikan langsung ke hub/ switch untuk selanjutnya dikirim langsung ke komputer D

Kelebihan topologi star ini adalah dapat dengan mudah mendeteksi komputer yang mengalami gangguan, mudah dalam melakukan penambahan atau pengurangan komputer serta tingkat keamanan data yang lebih baik.

Kekurangan topologi jaringan komputer start adalah; memerlukan banyak kabel UTP untuk masing2 komputer ke switch/hub sehingga lebih mahal, selain itu kestabilan jaringan juga sangat tergantung pada terminal pusat, jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan pula.

3. Topologi Mesh
Pada topologi Mesh ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan dengan menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung sampai ke komputer tujuan tanpa melalui komputer lain dan switch atau hub.
Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer
Kelebihanya topologi mesh ini adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, sehingga keamanan data lebih terjamin. Selain itu, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu koneksi dan tidak pula mengganggu komputer lain.

Sedangkan kekurangan dari topologi mesh ini sudah jelas terlihat, selain memakan biaya yang cukuptinggi (karena membutuhkan jumlah kabel yang tidak sedikit), komputer juga harus memiliki Port I/O yang banyak pula, tidak itu saja, pada mode topolagi ini juga proses instalasinya sangat rumit.

4. Topologi Bus
Topologi jaringan komputer Bus tersusun rapi seperti sebuah antrian. Topologi ini cuma menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, setiap ujung kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer
Kelebihan dari topologi jaringan komputer bus hampir sama dengan ring, yaitu penggunaan kabel yang bisa diminimalkan.

Kekurangan dari topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer, maka menyebabkan gangguan pada jaringan di komputer lainnya, sulit dalam mendeteksi komputer yang mengalami gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.

5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus (penggabungan star dan bus), biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada level yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer
Kelebihan topologi tree ini adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika suatu saat diperlukan.

Sedangkan kekurangan topologi tree yaitu menggunakan terlalu banyak kabel (mahal), sering terjadi tabrakan data yang menyebabkan error, selain itu jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

Sebenarnya masih ada banyak jenis topologi jaringan komputer yang dapat anda buat, namun macam-macam tpologi diatas adalah beberapa jenis topologi jaringan komputer yang umum dan sering digunakan dalam pembuatan jaringan pada masa sekarang ini. Sekedar saran, jika anda berniat membuat jaringan komputer (untuk kantor atau instansi) sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor, seperti biaya, kemanan, kemudahan maintance dan perawatan. Semoga membantu dan terimakasih.