Perbedaan Fakta dan Opini serta Contoh Kalimatnya

Perbedaan Fakta dan Opini serta Contoh Kalimatnya | Mungkin anda sedang mencari perbedaan antara kalimat fakta dan opini untuk suatu keperluan (tugas sekolah/ kuliah), jika benar maka anda berada pada artikel yan tepat, sebab pada postinga kali ini kami akan membagikan informasi tentang perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini lengkap beserta contohnya.
Perbedaan Fakta dan Opini serta Contoh Kalimatnya
Kalimat Fakta
Kalimat fakta adalah kalimat yang mengandung sebuah realita (sesuatu yang benar-benar ada/pasti) dari sebuah event atau objek, kalimat fakta biasanya digunakan untuk mereprentasikan data sebagai sebuah kalimat pendukung dari kalimat opini dan hipotesis. Ciri-ciri kalimat ini selain sebuah data yang telah terbukti (telah berlalu) biasanya adalah terdapatnya angka angka sebagai penunjuk waktu atau jumlah dari data suatu even atau objek.
Perbedaan Fakta dan Opini serta Contoh Kalimatnya
 Kalimat Opini
Kalimat opini adalah kalimat yang menunjukkan sebuah gagasan (Ide) dari sebuah pemikiran seseorang. Artinya kalimat opini adalah kalimat yang dibuat dari hasil pemikiran yang datanya belum bisa dipertanggung jawabkan (sekedar gagasan/ andai-andai). Kalimat opini ini digunakan ketika seseorang diminta untuk mengemukakan pendapat, analisis dasar teori dan penggunaan dalam hipotesis. Untuk ciri-cirinya kalimat opini ini biasanya terdapat kata-kata seperti “Menurut saya”, “Mungkin”, “Bisa jadi”, “Saya rasa”, “Sepertinya” dan lain-lain.

Contoh kalimat fakta dan opini:
Setelah anda mengetahui perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini diatas, sekarang saatnya anda melihat beberapa contoh dari dua kalimat tersebut:
Pada tanggal 10 Desember, Presiden Republik Indonesia berkunjung ke kabupaten Kepulauan Meranti
Bencana tsunami di Jepang telah memakan korban 67800 Jiwa, sedangkan 4000 orang lainnya belum dipastikan keadaannya
Tadi pagi Orangtua saya berkunjung ke sekolah
Katak merupakan jenis binatang amfibi
Ada satu orang siswa yang mendapatkan Beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi.
Kemungkinan hujan asam terjadi karena asap-asap pabrik yang banyak mengandung zat C02
Menurut saya akan lebih keren jika Messi bergabung di Real Madrid
Bisa jadi karena bangun telat si Nuraini tidak masuk kelas hari ini
Sepertinya kamu harus banyak makan sayur-sayuran agar tidak obesitas
Kamu akan terlihat pintar jika bersekolah disana
Nah demikianlah postingan tentang "Perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini beserta contohnya", semoga postingan ini membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian Terimakasih.