Perbedaan smartphone android dan iOS

Perbedaan smartphone android dan iOS | ada banyak sistem operasi ponsel yang bermunculan pada akhir-akhir ini, seperti android, iOS, blackberry, firefox-OS dan windows phone, namun yang sedang benar-benar naik daun dan menguasai pangsa pasar saat ini adalah android dan iOS. Nah, mungkin diantara anda masih banyak yang kebingungan, “Sebenarnya apa sih Android dan iOS itu, lalu apapula perbedaan antara keduanya?”, nah dari pada anda penasaran, yuk kita intip pembahasannya dibawah ini:
Perbedaan smartphone android dan iOS
Perbadaan Android dan iOS
Android adalah system operasi berbasis linux, ada dua type android yang sedang berkembang diindustri teknologi digital, yaitu android public (open source) dan android yang dikembangkan oleh google (semi-open sourch). Karena pada dasarnya System operasi ini open sourch, maka anda dapat dengan mudah mendesign tampilan dan sistem sesuai dengan keinginan, namun demikian hal ini tidak direkomendasikan jika anda awam terhadap dunia IT, sebab bukan malah mempercantik tampilan alih-alih ponsel anda malah blank dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sementara itu, iOS juga merupakan system operasi ponsel canggih (smartphone). System Operasi ini yang diciptakan dan dikembangkan sendiri oleh pemilik tunggal yaitu Apple. Seperti produk apple lainnya, iOS terkenal lebih tahan banting utamanya terhadap malware. Namun demikian, sayangnya system pada ios tidak open sourch seperti android, dimana aplikasi-aplikasi ios hanya berlaku atas izin dari Apple saja. Ini membuat iOS kurang diminati oleh para developer dan pengembang aplikasi sehingga aplikasinya biasanya sedikit dan mahal, namun demikian hal ini justru membuat Apple lebih aman terhadap serangan virus.

Navigation dan Aplikasi
Banyak user yang berpendapat bahwa iOS lebih mudah digunakan daripada Android, ini disebabkan karena iOS memiliki navigation yang sederhana dan mudah dioperasikan. Pada kontrolnya, iOS hanya memiliki satu tombol home saja, design sederhana inilah justru membuat pengguna mudah dalam menjelajah system iOS itu sendiri. Berbeda dengan android, android memberikan kesempatan penggunanya untuk membuat sendiri tampilannya, dan karena android diadopsi oleh banyak vendor (seperti samsung, htc dsb), maka setiap merek smartphone ber OS android biasanya memiliki tampilan yang berbeda sehingga tingkat kenyamanannya pula antara satu smartphone android dengan smartphone android lainnya.

Bicara masalah aplikasi, Android tentu menjadi rajanya. Mengapa? Karena setiap orang (developer) akan dapat dengan mudah membuat, membagikan dan mengupdate aplikasi tanpa perlu izin sana-sini. Sementara itu, untuk membuat aplikasi baru pada ios perlu izin dari apple yang tentunya ribet.

Keamanan dan Harga
Jika membandingkan keamanan, iOS akan jauh lebih aman mengungguli System Operasi android. Mengapa? Karena iOS merupakan System Operasi Close Source, dimana setiap pengembangan aplikasi sepenuhnya akan dikontrol oleh pihak Apple. Sedangkan pada Android, systemnya berbentuk Open Source, dimana user diberi kemudahan dalam mengunggah aplikasi baru, hal ini memudahkan para tangan-tangan jahil untuk menjahili ponsel anda. Namun untuk hal ini anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab para developer terus bekerja keras membuat anti virus yang dapat menangkal hal ini.

Sedangkan untuk harga, Android adalah system operasi yang cukup bersahabat dengan kantong celana anda, hal ini dikarenakan android dikembangkan oleh multi vendor (multi perusahaan) dimana antara satu vendor dengan vendor lainnya saling beradu kualitas dan harga, sedang iOS hanya diadopsi oleh Apple, sehingga harga penjualan relative terkontrol.

Nah demikianlah pembahasan kali ini tentang Perbedaan antara Android dan iOS, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua, terimakasih atas kunjungan anda dan terimakasih.