Cara Root Ponsel Android dengan Mudah Tanpa Menggunakan Komputer

Cara root hape android tanpa komputer | Salah satu faktor mengapa Android digemari oleh pasar smartphone adalah karena systemnya yang open source, dimana para user diberi kebebasan dalam mengakses system dan mendesign tampilan sesuai keinginan sendiri. Namun demikian, smartphone android yang umumnya dijual masih “diblock” oleh vendor pengembangnya sehingga agar anda bisa mengakses penuh sytem anda harus melakukan trik yang disebut “Rooting” atau “Root”.
Cara Root Ponsel Android dengan Mudah Tanpa Menggunakan Komputer
Nah, mungkin anda adalah salah satu pengguna ponsel android yang saat ini sedang mencari tutorial cara “Rooting Android”, jika benar maka selamat, karena anda berada pada blog yang tepat, sebab pada postingan kali ini, kami akan membahas tentang cara “Root ponsel android secara mudah tanpa menggunakan Komputer”, so selamat membaca dan mencoba. Ganbatte :)

Warning! Sebelum anda memutuskan untuk melakukan root, pastikan anda sudah mengetahui resiko-resiko yang akan terjadi jika android sudah diroot, seperti garansi hangus, dan hak penuh sistem ditangan user, sehingga anda tidak boleh sembarang mengutak-atik sistem, karena akan berakibat fatal.

Persiapan root smartphone Android:
OK, jika anda yakin akan melakukan rooting pada smartphone android anda, maka persiapan pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan 2 fitur dibawah ini:
  1. Pertama, aktifkan “Sumber tak dikenal”, tujuannya agar anda bisa menginstal aplikasi diluar playstore. Caranya klik Setting > Security > Unknown Source.
  2. Kedua, aktifkan USB Debugging, caranya klik Settings > Developer options > centang USB Debugging.
Catatan: Untuk smartphone android versi 4.2 ke atas silahkan ke Setting > About phone > tekan Build number berkali-kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang, kembali ke Setting > Developer option > centang USB Debugging.

Cara rooting android tanpa komputer:
Nah setelah persiapan diatas sudah dilakukan, sekarang saatnya melakukan ekseskusi, ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk rooting android tanpa komputer, diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunkan Softwere KingRoot
Cara Root Ponsel Android dengan Mudah Tanpa Menggunakan Komputer
Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk rooting android tanpamenggunakan komputer adalah dengan menggunkan softwere KingRoot. Kingroot merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu anda dengan mudah melakukan rooting pada Android. Perangkat ini dikembangkan oleh pengembang Tiongkok. Untuk menggunakan softwere KingRoot silahkan ikuti langkah berikut ini:
  1. Pertama download KingRoot disini.
  2. Berikutnya tekan pada lingkaran besar, Lalu tunggu hingga proses Root selesai.
  3. Jika berhasil, maka akan tampak seperti gambar berikut.
  4. Terakhir, nyalakan ulang perangkat lalu cek dengan aplikasi root cheker atau semacamnya.
2. Menggunakan Softwere Root Genius Mobile
Cara Root Ponsel Android dengan Mudah Tanpa Menggunakan Komputer
Cara Selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk rooting android tanpa menggunakan komputer adalah dengan menggunkan softwere Root Genius Mobile (RGM), softwere ini hampir sama dengan King Roat dan bahkan dikembangkan juga ditiongkok, namun walaupun hampir sama, tetapi dukungan ke perangkat androidnya berbeda, karena memang pada dasarnya beda developer. Untuk menggunakan Root Genius Mobile, berikut caranya:
  1. Pertama silahkan unduh aplikasi Root genius.apk
  2. Selanjutnya Instal apk seperti biasa menginstall aplikasi pada umumnya.
  3. Berikutnya tekan pada lingkaran Root disisi atas.
  4. Proses rooting segera dimulai.
  5. Jika ada muncul permintaan instal aplikasi Root, silahkan tekan saja "Install".
  6. Mohon tunggu hinggga roses root selesai, jika muncul seperti gambar berikut, maka rooting berhasil.
  7. Terakhir matikan perangkat dan hidupkan kembali, akan ada aplikasi baru yaitu Kinguser, sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi root.
3. Menggunakan Softwere Towelroot
Cara Root Ponsel Android dengan Mudah Tanpa Menggunakan Komputer
Pilihan lainnya untuk melakukan rooting ponsel android tanpa menggunakan komputer adalah dengan menggunkan softwere Towelroot. Sama seperti dua aplikasi diatas, Towelroot merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapa membantu anda dalam melakukan rooting Android dengan mudah dan cepat. Penggunaan perangkat ini juga terbilang cukup mudah, anda bisa melakukannya dengan cara berikut.
  1. Pertama unduh Towelroot terlebih dahulu, (tombol unduh pada simbol lamda).
  2. Selanjutnya silahkan install aplikasi seperti mengistall aplikasi pada umumnya
  3. Berikutnya buka sofwere Towelroot, kemudian tekan tombol “make it ra1n”.
  4. Jika android anda reboot, maka proses root gagal, ulangi lagi, dan jika mengalami hal yang sama maka perangkat android anda tidak suport dengan softwere ini.
  5. Jika perangkat android anda tidak reboot, maka kemungkinan besar rooting berhasil, selanjutnya silahkan install superSU di playstore
  6. Nyalakan ulang perangkat lalu cek dengan root checker.
Cara cek apakah ponsel android sudah di root atau belum
Nah terakhir untuk memastikan bahwa rooting berhasil atau tidak adalah dengan me-cek nya dengan aplikasi Root Checker , aplikasi ini dapat anda download secara gratis di Playstore.

Demikianlah postingan kali ini tentang cara “Root ponsel android dengan mudah tanpa menggunakan komputer”, semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.