Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel | Saya yakin bagi anda para pengguna PC atau sejenisnya pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya prosesor. Namun demikian, mungkin anda maih ada yang bingung apa, apa sebenarnya fungsi dari prosesor. Jadi prosesor adalah otak dari komputer, laptop ataupun sejenisya. Maka, jika tanpa adanya prosesor, koputer atau laptop anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Dan dapat dikatakan prosesor memiliki fungsi yang sangat vital dalam penggunaan komputer atupun laptop.

Sebenarnya ada banyak produsen yang memproduksi prosesor, tetapi dipasaran dunia dan juga indonesia hanya ada dua merk saja yang menguasai pasar yaitu intel dan juga AMD (Advance Micro Device). Memang sih bagi jika orang yang baru mengetahui komputer pasti hanya mengetahui Intel saja tetapi jika orang yang sudah terjun lama dalam dunia komputer pasti nama AMD sudah tidak asing lagi.

Dalam hal pamor memang Intel lah yang menang, namun demikian dalam hal ini produsen prosesor AMD juga tidak mau kala. Maka dari itu AMD terus mengeluarkan prosesor terbarunya, hal ini bertujuan untuk mengejar Intel yang sudah mengeluarkan prosesor generasi Core i7. Prosesor AMD yang terbaru saat ini adalah AMD Bulldozer, prosesor milik AMD yang satu ini merupakan prosesor yang tercepat saat ini dan merupakan saingan dari Core i7 milik Intel.
Sementara untuk masalah kinerja sendiri ke-dua produk hasil dari dua produsen prosesor ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing - masing. Tetapi jika di bandingkan antara Intel dan AMD memang sama kuat dalam teknologinya.

Berikut adalah kelebiahan dan kekurangan dari Intel dan AMD :
Kelebihan Intel
1. Prosesor Intel mengtur sediri temperaturnya, apabila prosesor terlalu panas maka prosesornya akan dengan sendirinya mengurangi kecepatan kinerjanya.
2. Prosesor Intel lebih kuat pada aplikasi yaitu pada Multimedianya
3. Kinerja dari prosesornya sendiri tidak berisik, teknolgi ini menggunakan heatsink saja dan tidak menggunakan pendingin aktif seperti kipas
4. Dalam pasarannya Intel memang jauh lebih besar, mungkin hal ini dikrenakan Intel lebih duluan dan lebih terkenal daripada AMD
Kelemahan Intel
1. Jika ditinjau dari segi Grafis Intel sedikit lebih lemah daripada AMD
2. Pada Intel jika menginginkan performa yang hebat, maka anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal
3. Jika ada terjadi kerusakan maka untuk memperbaikinya membutuhkan biaya yang cukup besar, hal ini dikarenakan prosesor dan motherboardnya bergabung menjadi satu
Kelebihan AMD
1. Teknologi AMD64 sangat baik untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64-bit
2. Pada umumnya AMD memiliki harga yang lebih murah dari pada Intel
3. Dalam urusan grafis AMD sedikit lebih kuat daripada Intel
4. Enhanced Virus Protection Teknologi ini memungkinkan prosesor mendeteksi virus, dan jika terdeteksi virus tersebut maka tidak akan di proses.
Kelemahan AMD
1. Jika anda seorang yang pecinta Game maka AMD tidak cocok untuk dipilih, hal ini karena tidak semua game kompatibel dengan prosesor ini
2. AMD kalah pamor dari Intel sehingga banyak masyarakat yang memilih Intel daripada AMD
3. Prosesor AMD cepat panas tetapi hal ini sudah di atasi dengan adanya teknologi ice cooler pada produk Asus.

Nah itu adalah beberapa perbedaan antara prosesor Intel dan AMD, terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.