Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB (Modem Eksternal GSM/ CDMA)

Tips Memilih Sebelum Membeli Modem | Modulator demodulator atau yang biasa disebut Modem adalah salah satu perangkat keras komputer yang bekerja mentransmisikan gelombang digital menjadi gelombang analog (dan sebaliknya - dua arah). Fungsi modem sendiri seperti yang kita ketahui adalah untuk menghubungkan PC/ Komputer dengan jaringan internet.
Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB
Dipasaran ada terdapat banyak sekali modem dengan merk yang bermacam-macam pula. Masing-masing mereka tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mulai dari segi fitur, harga, daya akses datanya hingga kualitas produk. Nah bagi anda yang agak awam dengan hal-hal semacam ini mungkin kebingungan dengan pilihan modem yang akan dibeli, nah untuk itu pada postingan kali ini kami akan membagikan "Tips Memilih Modem Eksternal (Modem USB) Sebelum Membelinya". So selamat membaca:

1. Pilih CDMA/ GSM
Hal pertama yang harus kamu lakukan saat memilih Modem adalah menentukan sistem komunikasi nirkabelnya. Ada dua jenis type komunikasi ini, yaitu Code Devision Multiple Access (CDMA) dan Global System for Mobilecommunication (GSM), masing-masing dari mereka tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti misalnya masalah biaya paket data CDMA lebih murah dibanding GSM, namun demikian cangkupan wilayahnya tidak terlalu besar (tidak semua daerah support CDMA).

2. Kemampuan Akses Modem
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum memilih modem adalah melihat seberapa besar kemampuan akses data modem dalam satu waktu (second). Tentunya semakin besar semakin baik pilihannya. Sekedar informasi, satuan untuk akses modem yang digunakan adalah bps (byte per second).

3. Type jaringan 
Ada beberapa type jaringan provider yang digunakan di Indonesia, diantaranya adalah: 3G, HSPDA dan HSPA dan LTE (4G-masih dalam perkembangan). Masing-masing type ini tentunya memiliki kemampuan akses yang berbeda. Kabar gembiranya, telah tersedia modem dengan gabungan beberapa jaringan tersebut, dan ini tentunya menjadi rekomendasi untuk anda. Sebab jika daerah anda belum mencakup jaringan yang tinggi anda bisa menggunakan jaringan yang tersedia.
 
4. Fitur SMS/ Telepon
Fitur SMS dan Telepon merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah modem, sebab tidak menutup kemungkinan anda akan mengakses internet dengan menggunakan simcard utama. Jadi jika ada yang menghubungi anda (lewat SMS atau Panggilan) akan tetap masuk layaknya menggunakan handphone biasa.

5. Fitur Plug dan Play (Optional)
Ini adalah fitur pilihan, sebaiknya modem yang anda pilih adalah modem yang memiliki fitur Plug dan Play ,maksudnya adalah modem yang tidak perlu menginstall driveer modem usb secara manual.

6. Fitur Membaca QOS sim card (Optional)
QOS (Quality of Service) merupakan sebuah mekanisme jaringan dimana operator menetapkan bandwitch (lebar pita data) tertentu terhadap sebuah sim card yang kita digunakan. Hal ini terkadang menjadi hal penting yang  harus diperhatikan guna melihat akses bandwitch yang diberikan oleh pihak ISP (Internet Service Provider)/ Operator pada suatu paket data yang anda beli.

7. Budget
Terakhir dan yang paling penting adalah memilih modem sesuai kondisi keuangan, dalam artian memilih modem sesuai kebutuhan saja. Bijaklah dalam memilih dan jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli modem mahal, sebab pada intinya barang elektronik dalam waktu sekejap pasti akan ada yang baru lagi, sehingga anda juga pasti akan tergiur nantinya.

Nah demikianlah postingan kami kali ini tentang "Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB (Modem Eksternal GSM/ CDMA)", semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang baik untuk anda. Sekian terimakasih.