Cara Membuat Kop Surat dengan Menggunakan MS Word

Cara Membuat Kop Surat dengan Menggunakan MS Word | Membuat sebuah kop surat di dalam MS Word bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Header and Footer. Di dalam penulisan sebuah proposal, atau surat – surat resmi lainnya, kop surat adalah hal yang wajib ada. Kop surat menjadi sebuah identitas suatu lembaga yang mengeluarkan (mengirim) surat dan merupakan syarat dalam penulisan surat formal. Hal ini juga dapat kita terapkan pada surat massal atau mail merge.

Sebelum kita membahas cara membuat kop surat ada baiknya kita memahami terlabih dahulu tentang apa itu kop surat.
Apa itu Kop Surat?
Kop Surat atau kepala surat adalah bagian atas dari sebuah surat yang pada umumnya berisi tentang keterangan sebuah lembaga, organisasi ataupun instansi yang mengeluarkan surat tersebut. Selain keterangan, biasanya juga berisi logo dan Contact Person pembuat surat tersebut.
Setiap lembaga, organisai ataupun intansi memiliki kop surat dengan ciri dan kekhasan masing - masing. Tidak ada sebuah aturan khusus yang menjelaskan harus seperti apa model penulisan kop/kepala surat itu. Yang terpenting adalah kelengkapan dan kejelasan informasi si pembuat surat.

Cara Membuat Kop Surat dengan Menggunakan "Header and Footer"
Cara membuat kop surat dengan menggunakan software MS Word sebenanya sangatlah mudah, Anda bisa memanfaatkan fitur "Header and Footer" pada Menu "Tab Insert" bagian Header and Footer. Untuk tampilan menunya lihat gambar di bawah ini :
Cara Membuat Kop Surat
Apa itu "Header and Footer" ?
Header adalah tempat yang digunakan untuk menyisipkan sesuatu seperti misalnya objek grafis dan lain - lain. Objek yang disisipkan pada Header pasti akan selalu muncul di bagian atas setiap halaman dokumen, Sedangkan Footer adalah tempat untuk menyisipkan objek namun berada di bagian paling bawah setiap halaman dokumen. Dinamakan Header and Footer karena kedua tools ini selalu bergandengan di setiap halaman, walaupun kita bisa memisahkannya dengan hanya menggunakan salah satu dari Header atau Footer saja.
Cara menggunakan "Header and Footer"
Berikut ini adalah cara menggunakan "Header dan Footer" pada microsoft word.
1. Klik menu Header. Karena disini kita hanya memerlukan bagian atas dokumen yang nantinya akan dijadikan sebagai kepala surat.
2. Setelah itu akan muncul empat pilihan bentuk "Header and Footer".
3. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan instansi atau organisasi yang akan di buatkan suratnya.
4. Pilih saja "Header Blank" karena kita bisa leluasa untuk mengatur format teksnya seperti, ukuran, jenis font, warna font serta peletakan gambar atau logonya.
Cara Membuat Kop Surat
5. Selanjutnya, ketikkan nama Organisasi, Lembaga atau Instansi. Berkreasila sesuia dengan yang anda inginkan dengan memilih jenis dan ukuran font. Jangan lupa untuk mengetik alamat dan Contact Person yang mewakili organisasi pembuat surat tersebut. Jika semua tulisan sudah selesai selanjutnya masukkan gambar atau logonya dan letakkan di bagian kiri atau kanan teks nama Organisasi tadi.
6. Ubah "Warp Text" gambar menjadi "Behind Text", dengan demikian jika gambar menindih teks maka gambar akan menjadi background atau berada di belakang teks.
7. Selesai, sekarang halaman dokument pada Microsoft Word anda sudah terdapat KOP Surat, sekarang saatnya membuat isi surat itu sendiri sebelum dikirim.

Demikianlah postingan kali ini tentang "Cara Membuat Kop Surat dengan Menggunakan MS Word", semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian Terimakasih.