Cara Mengatasi Baterai Melembung HP Sering mati sendiri


Cara Mengatasi Baterai Melembung HP Sering mati sendiri

Tentu akan menjadi idaman jika memiliki smartphone yang awet, baterai gak ngedrop dan sistem tidak pernah rewel. Akan tetapi yang namanya perangkat Elektronika dan penggunaan yang berbeda antara satu pengguna dengan pengguna lainnya pasti akibatnya juga beda.

Dalam beberapa masalah yang biasa timbul di HP android yang berkaitan dengan baterai diantaranya Ponsel yang tiba-tiba restart sendiri, HP mati sendiri padahal indikator baterai masih banyak, Kemudian ponsel cepat panas dan baterai sering habis padahal baru saja diisi, dan beberapa masalah error lainnya.

Jadi baterai di smartphone yang tipe Removable atau yang dapat dilepas dan pasang dengan mudah seringkali mengalami masalah kerusakan yang biasanya ditandai dengan berubahnya bentuk bodi yang melembung. Yang mana cell baterai berubah dan mengalami penurunan performa penyimpanan ataupun kekuatan suplai dayanya.

Penyebab Baterai HP Melembung

Ada beberapa penyebab yang sering terjadi jika baterai smartphone melembung atau kembung antara lain sebagai berikut:

1. Melakukan charging HP sambil Telepon

Pada saat pengguna smartphone melakukan penggilan telepon dalam posisi ponsel sedang dalam  pengisian daya alias di-ces, maka arus listrik yang masuk dari alat charger dan juga arus yang keluar dipakai untuk proses panggilan telepon gak akan seimbang.

Jadi akan berakibat, jika hal tersebut seringkali dilakukan akan memperpendek umur baterai dan biasanya akan ditandai dengan berubahnya bentuk struktur baterai menjadi melembung.

2. Bermain game dan Nonton Streaming sambil Ces HP

Dan hal yang sama juga berlaku dalam melakukan permainan game kemudian menonton Streaming Video, ini juga yang akan mempercepat baterai mengalami drop dan merusak sel baterai.

Sama halnya dengan melakukan Ces HP sambil teleponan, Jika memainkan game kemudian nonton Video secara terus menerus dalam kondisi HP sedang di Ces sudah pasti akan menurunkan performa sel-sel baterai dan pada akhirnya akan sering drop, salah satunya jika diisi daya maka akan gampang habis dan efek buruk lainnya juga akan datang.

3. Pengisian Daya menggunakan alat Ces abal-abal

Sebaiknya kalian berhati-hati jika memilih charging untuk ponsel, Sebaiknya gunakan alat Ces standar atau bawaan Ponsel jika masih ada.

Dan jika sudah gak mempunyai Charger bawaan HP, kalian bisa membeli setidaknya alat isi daya baterai yang original atau kualitas yang sedikit dibawah aslinya.

Jangan sampai kalian terpikat dengan harga yang murah dari alat charging HP yang akan menjadikan Perangkat ponsel Rusak, terutama pada bagian baterainya.

Karena alat Ces baterai yang harganya super murah cenderung gak mempunyai kualitas bagus dalam hal keamanan, sirkuit komponen serta arus yang dikeluarkan bisa gak stabil bahkan lebih besar dari yang direkomendasikan.

4. Melakukan Charging pada Suhu Panas

Jika seringkali kita mengabaikan meletakkan ponsel di paparan sinar matahari secara langsung atau tempat yang memiliki suhu tinggi lalu  melakukan pengisian daya baterai.

Sebenernya dalam melakukan ces HP dalam kondisi Baterai masih panas, akan dapat dengan cepat merusak cell di dalam baterai.

Maka dari itu lebih baik kalian dinginkan dahulu pada suhu ruangan posel dan raba bagian belakang Cassing persis di bagian baterai apakah sudah dingin atau belum, jika suhu baterai sudah normal barulah lakukan pengisian daya.

Cara mengatasi baterai HP melembung

Nah jadi gimana cara mengatasi baterai Ponsel yang sudah terlanjur melembung dan menurun performa penyimpanan serta pengisian dayanya?

Pertama yang seharusnya dilakukan yaitu secepat mungkin kalian harus mengganti baterai yang melembung dengan yang baru, Sebab selain berbahaya dan dapat meledak kapan saja, kondisi cell di dalam baterai yang sudah rusak dapat membuat kinerja komponen yang ada dalam ponsel terpengaruh.

Dan ada yang beranggapan jika baterai melembung dapat dikempiskan dengan cara ditusuk memakai jarum. Dan hal ini keliru sebaiknya dihindari.

Karena jika kalian menusuk baterai yang melembung supaya kempis dengan media jarum atau paku hal ini dapat menyebabkan arus pendek di dalam cell baterai dan kebocoran arus sehingga tegangan dan daya yang dihasilkan gak sesuai standarnya lagi.

Maka kesimpulannya adalah jika baterai HP kalian sudah mengalami perubahan bentuk dengan ditandai menurunnya performa penyimpanan serta supplay arusnya jadi cepatlah mengganti dengan yang baru dan disarankan baterai Original. Meskipun agak mahal tapi  aman dan tentunya awet jika digunakan.

Baiklah itu saja informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.