Cara Menggunakan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Memang kita sadari bahwa kartu memori atau kartu SD menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan data kamu dan juga untuk meluaskan ruang penyimpanan di HP kamu sehingga kamu bisa menyimpan lebih banyak data semisal gambar, video, audio, dokumen, dan yang lainnya.

Walaupun HP saat ini telah menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar namun tetap saja pengguna gadget masih saja memerlukan kartu memori. Apapun alasan yang diungkapkan tetap saja tidak bisa digunakan untuk menyimpan data aplikasi atau game.

Seperti yang kita ketahui, ketika kita menginstal aplikasi atau game maka file APK akan terpasang di memori internal dan menyimpan data pada Kartu memori. Namun bagaimana kalau hp kamu hanya punya ruang penyimpanan internal yang terbatas?

Kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan kartu memori sebagai penyimpanan internal di Android. Kamu bisa melakukannya dengan cara yang berbeda-beda tergantung versi Android apa yang kamu pakai.

cara menggunakan kartu memori sebagai penyimpanan internal android

Cara Menggunakan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Android Marshmallow mengawali perubahan pada ponsel supaya bisa menangani kartu memori, dan perubahan ini berlanjut ke versi Android selanjutnya. Kini kamu bisa mengatur kartu memori supaya berguna sebagai penyimpanan internal.

Alih-alih mempunyai penyimpanan internal dan eksternal yang ada sebagai ruang terpisah, Android melihat kartu sebagai perpanjangan dari memori yang terinstal di dalamnya.

Kamu mesti mengaturnya terlebih dahulu. Kartu kamu akan terhapus dalam proses, jadi pastikan kamu sudah mencadangkan data yang kamu perlukan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masukkan kartu memori ke slot. Ketika pemberitahuan Kartu SD Baru muncul, tap Set Up.

2. Kemudian, kamu harus memilih bagaimana ponsel memakai kartu. Pilih Phone Storage di Android 9, atau "Use as Internal Storage" pada versi yang lebih lama.

3. Atau, pergi ke Settings > Storage, ketuk card, ketuk tombol menu, dan pilih Storage Settings. tap Format as internal.

4. Di layar selanjutnya, tap Format SD Card, atau Erase & Format. Ini akan menformat kartu memori.

5. Di Android 9, Android menyuguhkan kesempatan untuk memindahkan konten termasuk aplikasi ke kartu memori. Hal ini juga menunjukkan seberapa banyak ruang yang akan dihemat. Tap Move Conten untuk menyelesaikan.

Fitur ini dinamai Adoptable Storage, dan mewajibkan kamu menyimpan kartu memori di ponsel secara permanen. Kartu ini juga dienkripsi, jadi kamu tik dapat memasukkannya ke perangkat lain untuk menyalin data.

Kelemahan besar untuk penyimpanan yang bisa diadopsi yaitu bahwa beberapa produsen memutuskan untuk tak menyuguhkan pada perangkat mereka. Apabila kamu tak mempunyainya, maka kamu harus terus memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual.
Baca juga: Ampuh! Cara Atasi Smartphone Lemot Terbaru

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 9.0 Pie dan Android 8.0 Oreo

Apabila HP kamu tak mendukung Adoptable Storage, kamu harus mentransfer aplikasi ke kartu SD di Android Pie secara manual. Berikut ini caranya:

1. Buka Settings > Apps & notifications > App info.

2. Jumpai aplikasi yang mau kamu pindahkan dalam daftar dan tap.

3. Pilih Penyimpanan. Apabila aplikasi mendukung dipindahkan ke kartu, kamu akan melihat tombol di sini berlabel Ubah atau Change. tap tombol tersebut.

4. Selanutnya pilih Kartu SD di kotak dialog Change. Ini menampilkan layar konfirmasi. Tap Move untuk memulai.

Jika kamu ingin memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal maka ulangi langkah-langkah di atas namun pilih Penyimpanan bersama internal di langkah terakhir. Kamu mesti selalu melakukan ini saat kamu mau mengubah atau mengeluarkan kartu memori.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 7.0 Nougat dan Android 6.0 Marshmallow

Kamu bisa memindahkan aplikasi ke kartu memori pada Android 7.0 Nougat lewat Pengaturan. Tapi, kamu tak bisa memindahkan semua aplikasi, dan apabila tak mendukungnya, kamu tak akan melihat tombol Ubah di Langkah 3.

1. Pertama buka Settings > Apps.

2. Cari  aplikasi yang mau kamu pindahkan ke Kartu microSD dan tap di atasnya.

3. Buka Storage > Change dan pilih kartu kamu dari kotak prompt yang terbuka.

4. Tap Move untuk menyelesaikan proses.

Untuk memindahkan aplikasi kembali, ulangi langkah-langkahnya dan pilih Penyimpanan bersama internal pada Langkah 3.

Untuk yang versi Android di bawahnya saya rasa hampir sama hanya saja mungkin ada sedikit berbeda namun tidak akan membuat kamu jadi bingung.

Semoga cara menggunakan kartu memori sebagai penyimpanan internal android bisa menjadi referensi untuk kamu ya.