Ini Solusinya: Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Terendam Air



Ini Solusinya: Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Terendam Air

Apakah kalian sedang mencai solusi pada saat ponsel milik kalian tercebur air atau baru saja kehujanan, apalagi jika HP tersebut memiliki tipe baterai Non Removable yang gak bisa dicopot secara cepat sebab tertutup rapat dengan baut pengikat di cassingnya. Jadi apa yang mesti kalian lakukan jika ponsel kalian baru saja tercebur ke air dan gak sempat membawanya ke tempat service.

Jadi sebuah perangkat Elektronika, entah itu smartphone, televisi, komputer dan lain sebagainya akan terjadi konsleting atau arus pendek jika kaki-kaki komponen yang dialiri arus listrik bersentuhan satu dengan lainnya.

Dan apalagi medianya adalah air, yang mana air merupakan konduktor yang bisa menjadi penghantar arus dan dapat menyebabkan hubungan pendek antara kedua kutub arus yang berlawanan.

Karena banyak sekali kejadian HP atau smartphone rusak yang disebabkan karena salah dalam penanganan ketika baru saja tercebur air, apakah itu terkena air sebagian pada bodi ponsel maupun tercebur seluruh bodi. Tentunya kalian gak akan tahu air akan masuk lewat celah mana di HP tersebut.

Ini Solusinya: Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Terendam Air


Untuk saat ini sudah banyak ponsel keluaran terbaru yang belum memiliki sertifikat anti air akan tetapi sudah memakai jenis baterai dengan metode Non removable yang artinya baterai dibuat semi permanen di balik cassing penutup komponen supaya gak mudah dilepas pasang oleh penggunannya.

Buat kalian yang mempunyai Hp dengan tipe baterai Removable alias bisa dilepas pasang, mungkin bisa dnegan cepat menyelamatkan HP dengan sesegera mungkin melepas baterai pada saat Ponsel baru saja tercebur ke air.

Maka dengan begitu bisa diminimalisir terjadinya arus pendek yang bisa saja terjadi sebab air yang meresap dan menghubungkan kaki-kaki komponen di ruang mesin HP serta menyebabkan arus pendek.

Cara melakukan penyelamatan ponsel dengan baterai tanam yang baru saja tercebur air, entah masuk mesin cuci, keccebur bak mandi atau kehujanan di jalan. Silahkan kalian simak berikut ini:

1. Langkah awal yang harus segera kalian lakukan yakni mengelap keseluruhan bodi luar ponsel yang kecebur air tersebut

2. Jika HP masih menyala silahkan shutdown dan jangan sekali-kali mencoba menyalakannya kembali sebelum yakin air di dalamnya kering sebab bisa terjadi konsleting dan ponsel mati total

3. Kalau HP sudah mati, sebisa mungkin copot penutup komponen (cassing) belakang. Kebanyakan walau ponsel bertipe baterai tanam untuk penutup belakangnya masih bisa dibuka.

4. Kemudian silahkan panaskan dan angin-anginkan bagian belakang dengan menggunakan hair-dryer, jika kalian gak punya bisa mengeringkan melalui paparan sinar matahari. lama tidaknya melakukan pemanasan ini tergantung kondisi air yang dimungkinkan masuk, lakukan terus dengan menghembuskan udara serta panas supaya air segera menguap.

5. Apabila cassing belakang susah untuk dibuka, maka posisikan ponsel tegak dalam posisi yang tidak diubah, supaya air bisa merambat dalam satu titik saja dan akhirnya keluar lewat lubang atau celah pada bodi.

6. Lalu kibas-kibaskan juga ponsel dalam kondisi tegak dalam satu arah supaya air cepat menuji satu titik

7. Jika tidak memungkinkan untuk menjemur ponsel atau tidak memiliki hair dryer bisa melalui cara menanam HP ke dalam beras, kemudian diamkan selama beberapa jam. Beras juga bisa menyerap kelembaban udara akan tidak seefektif menggunakan hair dryer.

8. Jangan sekali-kali untuk mencoba menyalakan ponsel sebelum yakin benar air didalam sudah menguap sempurna.

9. Jika kalian sudah dirasa cukup kering, dan sambil berdoa juga lalu nyalakan ponsel.

10. Kalau menyala dan gak ada masalah apapun, selanjutnya kalian coba lakukan pengisian daya

11. Dan apabila semua normal berarti ponsel sudah aman dan siap digunakan kembali

Perhatian: Buat kalian yang sudah berpengalaman membongkar ponsel bisa dengan mudah melakukan pengecekan kondisi air yang masuk ke dalam ruang hardware.

Kemudian kelemahan dan kekurangan cara diatas pastinya akan mengandung unsur coba-coba sebab kita gak tahu apakah air di dalam smartphone sudah hilang atau belum sebab cuma menggunakan feeling.

Tapi cara diatas sangat ampuh untuk kalian yang ingin melakukan penyelamatan pertama pada kejadian HP kemasukan air supaya gak terjadi arus pendek yang pada akhirnya bisa menyebabkan ponsel mati total.

Ok teman-teman, mungkin itu saja informasi mengenai Solusinya Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Terendam Airyang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan Semoga berhasil, Terimakasih.