Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook


Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook

Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa waktu yang lalu, Facebook sebagai pemilik aplikasi perpesanan WhatsApp dan jejaring bebagi foto Instagram, ini disebut akan mengganti nama keduanya. Mark Zuckerberg sebagai pimpinan di perusahaan tersebut diketahui telah menyampaikan rencana pergantian nama ini pada para karyawan kedua aplikasi.

Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook


Pergantian nama ini ternyata akan mempertegas merek Facebook sendiri dengan menyematkan nama tersebut ke dalam nama WhatsApp dan Instagram.Dua aplikasi tersebut akan diberi nama "Instagram from Facebook" dan "WhatsApp from Facebook." Pergantian nama ini dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook. "Kami ingin lebih memperjelas produk dan layanan kami yang merupakan bagian dari Facebook.

Perubahan di Luar dan Dalam

Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook

Dan gak bisa dipungkiri, jika perubahan nama dengan menyematkan merek Facebook baik ke WhatsApp dan Instagram, dirasa sangat mencolok. Apalagi kedua platform ini adalah platform yang relatif bebas masalah. Pada sisi lain, Facebook tersandung berbagai skandal dalam beberapa tahun terakhir, yakni soal penyalahgunaan data Pemilu AS 2016 oleh Cambridge Analytica.

Jika dengan menyematkan nama Facebook, pasti akan ada kontroversi yang muncul baik dari sisi internal ataupun eksternal. Kemudian Facebook sendiri, telah melansir Business Insider, yang dikabarkan kini sudah mulai melakukan sentralisasi di berbagai anak perusahaannya. Pada awalnya, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, bekerja masing-masing sendiri di kantor yang tersendiri. Dan hal ini disebut telah menyulut perhatian di antara para pegawai sendiri.

Kalau kita lihat sebelumnya, dirumorkan bahwa founder WhatsApp yakni Brian Acton sudah meninggalkan kursi kepemimpinannya dengan kurang enak, dan itu disebabkan, dirinya dan Mark Zuckerberg berselisih soal integrasi mengenai WhatsApp dan Facebook yang lebih dalam.

Bergabung Jadi Satu

Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook

Sekarang, Facebook sendiri telah mengembangkan rencana jangka panjang untuk mengintegrasikan semua layanannya pada satu platform. Facebook akan mengintegrasikan semua platform messagingnya: dimulai dari Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Integrasi ini akan dijejalkan ke sebuah infrastruktur yang sama. Pastinya layanan tersebut akan tetap berbeda, akan tetapi koneksi back-end antara ketiga aplikasi ini akan tumbuh menjadi satu platform pesan utama.

Dan dikabarkan juga suatu saat akan ada fitur enkripsi end-to-end yang pada awalnya cuma ada di WhatsApp. Fitur enkripsi ini merupakan privasi keamanan yang mana gak akan ada yang dapat mengakses chat kecuali dua belah pihak. Maka dengan demikian akan ada peningkatan privasi bagi DM Instagram dan Facebook Messenger. Ini merupakan ide sang CEO Mark Zuckerberg. Ia ingin mendorong integrasi layanan messaging agar menjadi lebih baik secara teknis.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.