Cara mengatur dan mengedit foto dengan Aplikasi Gallery Go Milik Google

Sudah tahu dengan Google Gallery Go? Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sederhana yang menjadi pengatur dan penyunting foto secara gratis dan efektif untuk perangkat Android kamu yang mengatur galeri di perangkat Android kamu berdasarkan tanggal dan kategori.

Android memberikan beberapa pilihan bawaan untuk mengatur dan mengedit foto, termasuk Foto Google, namun kamu mungkin menjumpai aplikasi Galeri Go baru yang lebih ramah untuk pengguna.

Galeri Go akan mengatur foto dan video kamu berdasarkan tanggal dan kategori secara otomatis. Aplikasi ini bisa mengakses foto yang disimpan di perangkat kamu atau di kartu SD, dan mengedit foto dasar ketika terhubung atau offline, sehingga kamu bisa menyimpan dan mengelola foto dan video tanpa memakan data seluler.

Gallery Go merupakan aplikasi yang ringan, dengan size hanya 10MB, dan berkerja pada ponsel dan tablet Android dengan menggunakan Android 8.1 (Oreo) atau lebih tinggi. Yup baca ulasan lengkapnya di bawah ini.
Cara mengatur dan mengedit foto dengan Aplikasi Gallery Go Milik Google

Cara mengatur dan mengedit foto dengan Aplikasi Gallery Go Milik Google


Atur Foto

Pertama, unduh Gallery Go dari Google Play. Kemudian pastikan kamu mempunyai beberapa foto di perangkat Android kamu untuk dikelola dan diedit. Ketika pertama kali membuka aplikasi, kamu harus memberinya izin untuk mengakses foto, media, dan file kamu. Awalnya, aplikasi mengatur dan menampilkan foto kamu berdasarkan tanggal. Geser ke bawah untuk melihat foto yang sudah lama untuk kamu edit.

Aplikasi ini juga bisa mengatur foto kamu ke dalam kategori seperti Selfie, Screenshot, Hewan, Orang, atau Dokumen. Tetapi, trik itu membutuhkan beberapa langkah cerdas, yang memerlukan sedikit waktu setelah kamu pertama kali menggunakan aplikasi. Mungkin memerlukan beberapa jam dan selanjutnya memeriksa aplikasi untuk melihat apakah langkah tersebut mengatur foto kamu ke dalam kategori yang berbeda.

Kategori Cerdas

Saat Gallery Go akhirnya memakai kecerdasan AI-nya untuk menetapkan foto kamu ke kategori tertentu, kamu bisa melihat pengelompokan ini di bagian atas layar Foto utama.

Tampilan Folder

Kamu juga bisa melihat foto dan video kamu berdasarkan folder. Tap ikon Folder di bagian bawah layar; tampilan ini mengatur foto dan video kamu berdasarkan yang diambil oleh kamera kamu dan disimpan secara internal, yang diambil sebagai tangkapan layar, dan yang disimpan di kartu SD kamu, di antara pilihan lainnya. Tap  folder untuk melihat foto atau video di dalamnya.

Buat Folder

Kamu juga bisa bikin folder sendiri. Pada tampilan Folder, tap ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Folder Baru. Ketikkan nama yang ingin kamu jadikan nama untuk folder baru. Jika perangkat kamu mempunyai kartu SD, kanu bisa memilih apakah akan menyimpan folder lewat penyimpanan internal atau kartu SD. Tap Buat.

Menambahkan foto

Aplikasi tersebut mengembalikan kamu ke tampilan Foto di mana kamu kini bisa memilih foto yang mau kamu sertakan dalam folder baru. Ketuk foto yang mau kamu tambahkan, kemudian tap tombol Pindahkan untuk memindahkannya.

Kamu juga bisa menyalinnya, yang mungkin adalah pilihan praktis apabila kamu mau menyimpan cadangan foto-foto tertentu dalam folder yang berbeda. Jika tidak, memindahkan foto merupakan  laangkah yang lebih baik untuk mengaturnya di perangkat kamu.

Pindahkan Foto

Kamu bisa dengan gampang memindahkan (atau menyalin) foto kapan saja setelah diambil. Tap ikon tiga titik di kanan atas dan tentukan Pilih foto. Tap foto yang mau kamu pindahkan. Tap ikon tiga titik lagi dan pilih perintah Pindah ke. Tap folder tempat kamu mau memindahkan foto yang dipilih, dan gambar dipindahkan.
Baca juga: Cara Kirim Pesan Whatsapp Pakai Google Assistant

Hapus Foto

Kemudian, kamu bisa menghapus foto dari tampilan apa pun. Tap ikon tiga titik dan tentukan Pilih Foto. Tap foto yang mau kamu hapus dan tap ikon Tempat Sampah di bagian atas. Konfirmasikan penghapusan. Foto juga bisa dihapus dengan membuka gambar tertentu dan mengetuk Hapus.

Bagikan foto

Kemudian, kamu bisa share foto lewat berbagai aplikasi dan layanan. Tap ikon tiga titik dan tentukan Pilih foto. Perhatian: Bahwa saat kamu  mengetuk ikon tiga titik, kamu bisa memilih pilihan untuk Pilih semua. Jadi kamu bisa memindahkan, menyalin, menghapus, atau membagikan semua foto dalam tampilan kamu sekarang. Tap foto yang mau kamu share, kemudian tap ikon Android Bagikan di bagian atas.

Pada layar Bagikan utama, kamu bisa memilih untuk berbagi foto lewat Bluetooth, Gmail, atau Google Hangouts. Tap ikon Lain untuk melihat lebih banyak pilihan berbagi. Pada layar Bagikan selanjutnya, kamu bisa memilih dari berbagai aplikasi dan layanan lain. Tap aplikasi atau layanan yang mau kamu pakai, seperti Facebook. Lalu ikuti layar untuk menge-share foto yang kamu pilih. Foto juga dapat di-share dengan membuka gambar tertentu dan mengetuk Share.

Edit Otomatis

Kini, watunya kamu mengedit. Tap foto yang menurut kamu bisa diperbaiki. Untuk mencoba Galeri Go dalam meningkatkannya, tap ikon Otomatis. Maka secara otomatis Aplikasi mencoba memperbaiki foto dengan menyesuaikan kecerahan, kontras, atau faktor lainnya. Tekan dan tahan layar untuk melihat perbedaan antara foto asli dan foto yang disesuaikan. Apabila kamu menyukai perubahan, tap Ganti. Apabila tidak, tap Batalkan.

Edit Manual

Kamu juga bisa melakukan beberapa penyesuaian manual pada foto. Tap foto yang mau kamu coba tingkatkan sendiri, kemudian tap ikon Edit. Pada layar Edit, kamu bisa memutar dan memotong gambar, atau menerapkan filter ke foto. Jika sudah selesai dengan perubahan yang kamu buat, tap Simpan salinan. Ketika mengedit video, kamu tidak bisa menjalankan peningkatan otomatis atau menerapkan filter apa pun, tetapi kamu bisa memotong klip video.