Cara Screen Shot Di Laptop / PC

Jika kamu termasuk orang yang sering memakai laptop atau PC, mengambil screenshot untuk berbagai macam kebutuhan pada dasarnya bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan fitur ini telah ada dalam OS bawaan sampai berbagai macam aplikasi yang tersedia di pasaran.

Tetapi bisa saja ada yang belum tahu atau paham tentang cara melakukan screenshot di laptop kamu. Atau mungkin saja kamu mencari artikel ini hanya untuk sekedar tahu cara-cara lain untuk melakukan screenshot di laptop atau PC kamu. Disamping alasan kamu baca artikel ini, kami berharap artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengambil screenshot di laptop kamu telah saya rangkum untuk bisa kamu ikuti. Berikut beberapa cara screenshot laptop untuk sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan kamu menyertakan juga beberapa cara screenshot laptop pada sistem operasi Windows 10.

cara screen shot di laptop

Cara Screen Shot Di Laptop / PC


Cara Screenshot Laptop di Windows XP

Saya berpikir mungkin saja masih ada yang membutuhkan cara ini, mengingat menurut saya sistem operasi ini sudah sangat usang, Microsoft sudah berhenti menyediakan layanan apapun termasuk update untuk sistem operasi ini.

Caranya cukup dengan menekan tombol Print Screen atau PrtSc yang terletak di pojok kanan atas keyboard kamu dan mungkin saja letak tombol ini berbeda. Jika kamu sudah menekannya, maka selanjutnya cukup menekan Ctrl+V di program apapun yang mempunyai kemampuan untuk paste gambar sebut saja paint, atau bahkan Microsoft Power Point dan Microsoft Word.

Cara lain untuk mengambil gambar jendela spesifik yaitu dengan menekan tombol Alt+PrtSc dalam waktu yang sama. Selanjutnya lanjutkan dengan proses yang sama seperti sebelumnya.

Cara Screenshot Laptop di Windows Vista dan Windows 7

Untuk Windows Vista dan Windows 7 ternyata Microsoft membekalinya dengan metode lain untuk melakukan screenshot. Caranya yaitu dengan memakai Snipping tools. Fitur ini bisa kamu jumpai pada semua  versi Windows kecuali edisi starter dan basic begitupun untuk Windows XP.

Bagaimana caranya? Buka fitur ini dengan menekan tombol Start, kemudian pilih All Programs lalu pilih Accessories berikutnya klik Snipping tool. Ambilah area screenshot secara spesifik di layar monitor kamu dengan aplikasi ini. Langkah-langkahnya yaitu dengan klik new kemudian save jika sudah selesai mengambil screenshot. Ada yang baru tahu cara ini?

Cara Screenshot Laptop di Windows 8

Microsoft memberikan keunggulan dari sistem operasi ini sebab Windows 8 memiliki kemampuan untuk menyimpan screenshot yang kamu ambil secara otomatis ke folder spesifik. Caranya tekan tombol windows dan Print Screen secara bersamaan. Lalu hasil dari screenshot akan tersimpan di dalam pictures library secara otomatis. Kamu juga bisa memakai fitur yang sebelumnya tersedia di Windows XP, Vista, maupun Windows 7, contohnya saja snipping tools.
Baca juga: Fungsi Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo pada Microsoft Word

Cara Screenshot Laptop di Windows 10

Ada 7 cara yang bisa kamu lakukan sistem operasi Windows 10. Apa saja cara tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Snipping Tool

Cara ini sudah ada sejak masa Windows Vista. Caranya tekan start lalu all programs, klik windows accessories. Silahkan cari snipping tools. Untuk memakai aplikasi ini, cukup klik new untuk memulai prosesnya. Selanjutnya kamu bisa mencobanya sendiri.

2. PrtSc atau PrtScn

Dengan menggunakan tombol PrtSc atau PrtScn yang umumnya terletak di pojok kanan atas. Yang membedakan dengan snipping tools ialah, pada Windows 10 apabila kamu memakai cara ini maka gambar yang di-screenshot akan tersimpan di dalam folder screenshots di dalam folder pictures secara otomatis.

3. Windows + PrtSc atau PrtScn

Mungkin belum banyak yang tahu dengan cara ini, padahal cara ini sudah ada di versi Windows yang sebelumnya. Caranya yaitu tekan tombol windows bersamaan dengan PrtSc atau PrtScn. Dan gambar dari layar laptop kamu secara keseluruhan akan tersimpan di folder screenshots secara otomatis. Prosedurnya layar laptop kamu sekejap akan menjadi sedikit gelap dan akan kembali normal dalam sekejap itu pula. Yang menjadi keunggulan dari fitur ini yaitu kamu dapat melakukan screenshot gambar laptop secara beruntun tanpa harus menyimpannya secara manual.

4. Windows + huruf H

Jika kamu ingin mengambil gambar pada layar dengan tujuan untuk sharing, kamu bisa menekan tombol Windows bersamaan dengan huruf H. Maka secara otomatis layar kamu akan dicapture dan selanutnya laptop kamu secara otomatis akan membuka windows share toolbar sehingga kamu bisa mengirimkan file tersebut kepada teman kamu lewat berbagai media sosial dengan segera.

5. Alt + PrtSc atau PrtScn

Cukup dengan menekan tombol Alt bersamaan dengan PrtSc atau PrtScn di keyboard. Cara ini merupakan cara tercepat dibandingkan dengan cara di atas, namun cara ini juga memiliki kekurangan seperti cara kedua dan ketiga, kamu tetap harus menyimpan gambar ini secara manual dengan cara klik paste pada aplikasi-aplikasi semisal image editor.

6. Windows + Volume Down

Cara ini hanya bisa dipakai bagi kamu para pengguna Surface. Jika kamu memakai Windows Surface bisa mengambil gambar di layar dengan cara menekan tombol Windows dan juga volume down. Gambar yang di-screenshot akan tersimpan dalam folder screenshots oleh Surface secara otomatis.

7. Snip Editor dan Microsoft Snip

Cara ini bisa dibilang sedikit rumit namun dianggap lebih baik daripada menggunakan Snipping Tool. Snip Editor mempunyai kemampuan melakukan screenshots seluruh layar, area tertentu, sampai jendela aktif secara cepat. Cara ini memiliki kelebihan yaitu kamu bisa mengedit hasil screenshots secara langsung.

Itulah beberapa cara screen shot di lapto atau PC yang bisa kamu lakukan. Semoga cara ini bermanfaat.