Sesudah Instagram, Kabarnya Facebook Segera Hilangkan Likes

Facebook sebagai salah satu jejaring sosial populer, kabarnya mulai lakukan uji coba menghilangkan penghitungan jumlah likes dalam sebuah postingan.

Jane Manchun Wong sebagai seorang peneliti software membocorkan informasi bahwa ia menemukan kode penghilangan likes tersebut di aplikasi Facebook versi Android.

Manchun mengatakan kode di aplikasi Facebook itu menyembunyikan jumlah likes dalam sebuah postingan dari semua orang, kecuali si pengunggah. Hal tersebut sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge via Tekno Liputan6.com.

Sementara, beberapa emoji reaksi hanya akan dilihat oleh pengguna lain dan catatan bahwa unggahan tersebut disukai oleh satu orang teman dan pengguna lain, alih-alih jumlah likes-nya.

Facebook mengatakan pihaknya memang tengah mempertimbangkan sebuah pengujian yang nantinya menghilangkan penghitungan likes. Tetapi, pengujian ini belum mulai dilakukan. Sebagaimana dalam konfirmasi Facebook kepada Tech Crunch,

Sesudah Instagram, Kabarnya Facebook Segera Hilangkan Likes

Sesudah Instagram, Kabarnya Facebook Segera Hilangkan Likes

Pengujian ini bukan tanpa alasan. Sebab, awal tahun ini Instagram juga mulai menguji jumlah likes yang disembunyikan dengan cara sama dengan penghilangan likes Facebook.

Banyak yang Tak Setuju

Sekarang likes Instagram yang disembunyikan sudah diperluas ke lebih banyak negara. Penghilangan jumlah likes ini pun tampaknya memperoleh tanggapan positif dari pengguna Instagram.

Likes sendiri sudah menjadi fitur utama Facebook selama lebih dari 10 tahun terakhir. Namun yang disayangkan, warganet pun terbelah, ada yang pro dan ada yang kontra dengan penghilangan jumlah likes ini.

Mereka yang kontra likes dihilangkan mungkin khawatir, unggahan mereka tidak memperoleh banyak tanda likes.
Baca juga: Autolike Status Facebook

Instagram Telah Mulai Uji Coba

Sebagaimana kita ketahui, pada April 2019, Instagram diketahui tengah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes yang diperoleh oleh sebuah unggahan. Sekarang, uji coba itu diketahui mulai diterapkan di beberapa negara.

Bermula fitur ini diuji coba di Kanada. Tetapi  uji coba ini hadir ke enam negara lain, yaitu Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, dan Selandia baru.

Instagram sendiri mengaku uji coba fitur ini  masih terus dilakukan. Tetapi, belum bisa dipastikan kapan media sosial punya Facebook itu mulai menggulirkannya ke publik.

Dari desain yang beredar, nantinya sebuah unggahan tidak akan langsung menampilkan jumlah likes. Tetapi, Instagram akan menampilkan kata-kata unggahan itu di-liked oleh seseorang.

Salah satu alasan uji coba ini dilakukan yaiut supaya followers lebih fokus pada konten, bukan Likes.

Kita tunggu saja gimana kelanjutannya