Bagaimana Cara Cek Imei HP Android Dan iOS

Sekarang ini, penggunaan smartphone atau HP sangat tinggi maka permintaan produksi ponsel atau HP juga semakin tinggi. Disamping itu faktanya bahwa sebagian besar barang elektronik dibuat di luar negeri.

Al hasil HP atau ponsel yang diproduksi di luar negeri dan masuk ke Indonesia tentunya akan dikenakan biaya pajak yang tidak murah. Oleh sebab itu banyak ponsel yang masuk ke Indonesia tidak memiliki nomor IMEI secara legal.

Nah maka dari itu, bagi kamu yang ingin atau sedang beli ponsel baru, pastikan untuk mengecek nomor IMEI yang tertera pada box atau juga di ponsel. Sebab dengan begitu kamu bisa mengetahui apakah ponsel yang kamu beli itu barang legal atau bukan.

Dengan begitu saat ini banyak pengguna ponsel baru yang ingin tahu bagaimana cara cek Imei di HP baru. Sebenarnya ada bebarapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui cara cek Imei HP.

Tidak hanya dengan cara cek Imei, kamu bisa mengetahu kalau ponsel tersebut legal atau BM (Black Market) dengan cara mengetahui harganya. Biasanya ponsel BM cenderung dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

Lantas bagaiman cara cek Imei HP Android dan iOS yang bisa digunakan? Berikut beberapa cara dan langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

bagaimana cara cek imei hp android dan ios

Bagaimana Cara Cek Imei HP Android Dan iOS


Cara Cek Imei Melalui Ponsel (Semua Merek HP Android)

Cara 1: Cara Cek Imei Menggunakan Kode Dial USSD
Cara ini sama saja seperti kamu mengecek pulsa atau kuota. Cukup ketik kode USSD *#06# pada aplikasi Dial, maka nomor Imei akan muncul di layar HP kamu secara otomatis.

Cara 2: Cara Cek Imei Lewat Menu Setting

  • Silahkan buka menu Setting, kemudian pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya pilih opsi Status dan setelah itu pilih opsi Informasi IMEI.
  • Maka informasi tentang nomor Imei HP kamu akan muncul di layar secara otomatis. Disamping itu, apabila HP kamu mempunyai fitur dual SIM, maka akan ada dua Imei yang muncul pada layar.

Cara 3: Cara Cek Imei Lewat Fisik Ponsel
Selanjutnya cara cek Imei yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat di body HP kamu. Biasanya tertera pada stiker yang tertempel di body HP. Untuk kamu yang memiliki ponsel dengan baterai lepas, maka kamu harus mencabut baterai terlebih dahulu dari ponsel untuk melihat nomor Imei. Namun jika ponsel kamu menggunakan baterai tanam, biasanya nomor imei tertera pada stiker yang tertempel di body HP bagian belakang.

Cara Cek Imei Melalui HP iPhone Dengan Sistem iOS


  • Silahkan buka menu Setting pada perangkat iPhone kamu dan pilih opsi General.
  • Kemudian pilih opsi About.
  • Silahkan Scroll down layar dan nomor Imei kamu akan tertera di kolom Imei.

Cara cek nomor Imei iPhone sangat mudah untuk dilakukan. Kamu juga dapat melihat kode Imei, di bagian body belakang, di beberapa tipe HP iPhone.

Cara Cek Imei Melalui Situs Kemenperin


Langkah 1: Silahkan kamu salin nomor Imei HP lewat Dial *#06#.

Langkah 2: Silahkan buka situs resmi Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id dan masukkan nomor Imei pada kolom khusus yang disediakan. Setelah itu kamu tinggal tekan Enter maupun Search di sebelahnya.

Langkah 3: Setelah itu, kamu dapat melihat apabila HP kamu resmi dan terdaftar, maka akan muncul tampilan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Namun apabila HP kamu ilegal atau BM, makan akan muncul “IMEI tidak terdaftar di database kemenperin”.

Kini kamu telah mengetahui bagaimana cara cek imei hp android dan ios. Semoga bermanfaat.