Cara Kirim Isi Chat WhatsApp ke Pengguna Lain Pakai E-mail

Penggalan chat WhatsApp dapat kamu kirim ke orang lain dengan cara menggunakan fitur forward. Namun apabila kamu ingin mengirim semua isi chat ke pengguna lain, apakah bisa dilakukan?

Kamu bisa melakukan semua itu dengan mudah sebab WhatsApp sudah menyediakan caranya. Jaid kamu tidak perlu lagi menyeleksi semua isi chat, tetapi cukup dengan meng-ekspor chat via e-mail.

Cara ekspor pakai e-mail ini bekerja baik untuk chat pribadi ataupun grup. Pengguna juga dapat memilih apakah mau mengikutkan konten media (foto dan video) atau tidak. Penasaran dengan caranya? Yuk perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Cara Kirim Isi Chat WhatsApp ke Pengguna Lain Pakai E-mail

Cara Kirim Isi Chat WhatsApp ke Pengguna Lain Pakai E-mail

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih chat yang mau dikirim ke orang lain. Kamu dapat memilih chat apa saja, baik itu chat pribadi ataupun chat grup.

2. Selanjutnya, di dalam jendela chat yang telah dipilih, ketuk ikon "tiga titik vertikal" yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih "More" dan pilih "Export chat".

3. Tunggu sebentar hingga muncul jendela pop-up. Nah disana, pengguna dapat memilih 2 opsi, yakni mencadangkan percakapan "Without Media" atau "Include Media".

Jika kamu memilih "Without Media" itu artinya kamu hanya mengekspor teks chat saja. Maka hasilnya, proses ekspor chat akan lebih cepat.

Namun, apabila kamu memilih "Include Media", itu artinya seluruh gambar atau video yang ada di dalam chat tersebut, baik yang dikirimkan atau yang diterima, akan ikut dicadangkan.

Dan hasilnya, proses ekspor akan memakan waktu dan ukuran file nantinya akan ikut membengkak. Disamping itu, daftar nomor kontak yang dibagikan di dalam chat tersebut (apabila ada) juga akan dicadangkan oleh WhatsApp secara otomatis.

4. Apabila telah memilih isi chat yang mau diekspor, kamu lantas akan diajukan dengan tampilan beberapa ikon layanan yang berguna sebagai perantara untuk mengirim hasil ekspor chat tadi. Nah dalam tahap ini, pilih opsi layanan e-mail.

5. Jika sudah memilih perantara, kemudian kamu akan dibawa ke layanan atau aplikasi yang tadi dipilih sebagai perantara. Yang saya lakukan contohnya, dialihkan ke aplikasi Gmail dan langsung ke halaman "Compose".

Pada tampilan ini, akan tampak bahwa telah ada beberapa file yang secara otomatis terlampir di dalam bodi e-mail.

Berbagai file yang telah terlampir ini mencakup riwayat isi chat dengan ekstensi file *.txt, dan juga  daftar kontak yang sudah dibagi di dalam chat tadi yang bentuk filenya *.vcf.

Nah, saya tidak memilih untuk mengekspor media (gambar atau video). Jadi, tidak tampak ada paket file gambar yang terlampir.

Disamping untuk mengirim isi chat ke orang lain, cara ekspor teks ini juga dapat dipakai sebagai pilihan untuk cara backup dengan mengirimnya ke akun e-mail pribadi.

Namun yang perlu kamu perhatikan, file harus dibuka secara manual, tidak dapat otomatis restore seperti fungsi backup via Google Drive atau di local storage perangkat.